Monday, February 19, 2018

Pembahasan tentang sistem bahan bakar injeksi


PEMBAHASAN

                      SISTEM BAHAN BAKAR INJEKSI PGM-FI

A. Aspek-aspek Teoristis
1. Pengertian  Sistem Bahan Bakar Motor INJEKSI & PGM-FI

     Sistem bahan bakar adalah sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar.
Penggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator, karena injektor membuat bahan bakar tercampur secara homogen. Hal ini, menjadikan injeksi bahan bakar dapat mengontrol pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih tepat, baik dalam proporsi dan keseragaman.
Injeksi bahan bakar dapat berupa mekanikal, elektronik atau campuran dari keduanya. Sistem awal berupa mekanikal, namun sekitar tahun 1980-an mulai banyak menggunakan sistem elektronik. Sistem elektronik modern menggunakan banyak sensor untuk memonitor kondisi mesin, dan sebuah unit kontrol elektronik menghitung jumlah bahan bakar yang diperlukan. Oleh karena itu, injeksi bahan bakar dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi polusi, dan juga memberikan tenaga keluaran yang lebih.

Injeksi, merupakan suatu metode pencampuran bahan bakar dengan udara pada kendaraan bermotor untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna. Injeksi membutuhkan perangkat bernama injector, yang bertugas me-nyuplai campuran bahan bakar dengan udara. Sistem injeksi merupakan teknologi penerus sistem karburator pada kendaraan bermotor.
download (1).jpg
Sedangkan Pengertian Honda PGM FI adalah sebuah sistem yang tertanam pada suatu motor yang pada sistem ini memiliki sebuah tugas  untuk mengatur suplai bahan bakar dengan menggunakan teknologi kontrol secara elektronik yang mampu  mengatur pasokan bahan bakar dan udara secara optimum yang dibutuhkan oleh mesin pada setiap keadaan/kondisi mesin pada waktu tertentu. Sistem PGM FI mempunyai keunggulan tersendiri yaitu:
Jelas sangat irit bahan bakar lebih  dari 30%
1.      Tenaga lebih optimal
2.      Ramah lingkungan karena emisi gas buang yang  rendah
3.      Mesin mudah di hidupkan
4.      Perwatan jadi lebih mudah dan cepat
5.      Masih bersahabat dengan bahan bakar premium di Indonesia
6.      Akselerasi jadi lebih responsive
                                 download (2).jpg
Penggunaan sistem bahan bakar injeksi pada sepeda mesin komersil di Indonesia sudah mulai dikembangkan. Salah satu contohnya adalah pada salah satu tipe yang di produksi Astra Honda Mesin, yaitu pada Supra X 125. Istilah sistem EFI pada Honda adalah PGM-FI (Programmed Fuel Injection) atau sistem bahan bakar yang telah terprogram. Secara umum, penggantian sistem bahan bakar konvensional ke sistem EFI (Electronic Fuel Injection ) dimaksudkan agar dapat meningkatkan unjuk kerja dan tenaga mesin (power) yang lebih baik, akselarasi yang lebih stabil pada setiap putaran mesin, pemakaian bahan bakar yang ekonomis (iriit), dan menghasilkan kandungan racun (emisi) gas buang yang lebih sedikit sehingga bisa lebih ramah terhadap lingkungan. Selain itu, kelebihan dari mesin dengan bahan bakar tipe injeksi ini adalah lebih mudah dihidupkan pada saat lama tidak digunakan, serta tidak terpengaruh pada temperatur di lingkungannya
     PGM-FI atau Programmed Fuel Injection adalah sistem suplai bahan bakar dengan menggunakan teknologi kontrol secara elektronik sehingga mampu mengatur pasokan bahan bakar dan udara secara optimum yang dibutuhkan oleh mesin pada setiap keadaan.




2. CARA KERJA SISTEM BAHAN BAKAR
https://skullsmokers.files.wordpress.com/2010/12/throttle-body-ecu-module_1.jpg
Apabila pada sistem karburator, kendaraan membutuhkan penyetelan yang tepat agar bisa mendapatkan campuran bahan bakar dan udara atau AFR (Air–fuel ratio)yang optimal, sistem injeksi sudah terprogram secara komputer untuk mendapatkan rasio AFR yang optimal.
AFR                                                                                                                                           Supaya bisa mendapatkan AFR yang optimal, injektor mengandalkan program komputer untuk mengontrol AFR nya. Perangkat elektronik yang bertugas untuk mengontrol kerja injektor ini bernama ECM atau Electronic Control Module.
Electronic Control Module                                                                                                 Electronic Control Module memiliki settingan dan kontrol yang sudah terstandar dari pabriknya. ECM ini dapat secara otomatis mengontrol besaran bahan bakar dan udara yang pas pada kondisi – kondisi cuaca tertentu. Pada motor injeksi terdapat sensor udara, sensor inilah yang n  antinya membantu ECM dalam mengkalkulasi AFR yang tepat sesuai dengan kebutuhan mesin dan udara sekitar mesin. Kurang lebih seperti inilah gambaran mengenai sistem injeksi pada motor. Konsepnya sama seperti sistem karburator, karena injeksi merupakan penyempurnaan dari sistem karburator.
Sensor-Sensor yang membantu ECM adalah :
-Sensor Temperatur : untuk mendeteksi suhu mesin

- Sensor ECT : di dalamnya ada sensor temperatur, alat ini khusus untuk mesin -   berpendingin air, cara kerja dengan mendeteksi suhu coolant dalam mesin dan menjadikannya “informasi” pada ECM agar disesuaikan dengan komposisi bensin-udara dan percikan businya.

- Sensor EOT : sama seperti ECT hanya saja khusus motor berpendingin udara, jadi ia mendeteksi suhu
  .

- Sensor CKP : tugasnya memonitor sudut crankshaft dan mendeteksi putaran mesin. Dengan “informasi” dari CKP ini maka ECM dapat mengontrol waktu pengapian dan jumlah bensin-udara di mesin.

- Sensor O2 : tugasnya memberi tahu komposisi O2 di dalam gas buang, bisa dibilang dia ini “pengoreksi” kerja ECM. Bila kandungan gas buangnya masih berat, maka ECM akan mereset lagi dan membuat “resep” baru lagi agar komposisinya pas dengan mesin dan gas buang diharapkan menurun.

- Sensor TP : tugasnya mendeteksi sudut bukaan gas di throttle valve yang terhubung dengan throttle grip (grip gas di setang). Sudut yang terdeteksi di throttle valve dijadikan “informasi” tentang komposisi udara yang masuk. Maka ECM tinggal membuat “resep” yang telah disesuaikan dengan komposisi udara tersebut
.
SKEMA CARA KERJA PGM-FI
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgjqX7xsJkY21RtcJEesP20lL2EZzTGvq7MHbcEg9d-cUgdWUaguPoPlULea2wsieO0zUS-TPYh8ZXQ96JkdCkSUmM0y3oFusMgwtEkwcekedto_14b9eX_7HuzkbZOkMOlror-Jvri5Do/s320/skema+cara+kerja+pgm-fi.jpg
   3.   SISTEM BAHAN BAKAR EFI ( Electronic Fuel Injection )
Komponen-komponen yang digunakan untuk menyalurkan bahan bakar ke mesin terdiri dari tangki bahan bakar (fuel pump), pompa bahan bakar (fuel pump), saringan bahan bakar (fuel filter), pipa/slang penyalur (pembagi), pengatur tekanan bahan bakar (fuel pressure regulator), dan injektor/penyemprot bahan bakar.
Sistem bahan bakar ini berfungsi untuk menyimpan, membersihkan, menyalurkan dan menyemprotkan /menginjeksikan bahan bakar.
     Prinsip Kerja Sistem EFI Istilah sistem injeksi bahan bakar (EFI) dapat digambarkan sebagai suatu sistem yang menyalurkan bahan bakarnya dengan menggunakan pompa pada tekanan tertentu untuk mencampurnya dengan udara yang masuk ke ruang bakar. Pada sistem EFI dengan mesin berbahan bakar bensin, pada umumnya proses penginjeksian bahan bakar terjadi di bagian ujung intake manifold/manifold masuk sebelum inlet valve (katup/klep masuk). Pada saat inlet valve terbuka, yaitu pada langkah hisap, udara yang masuk ke ruang bakar sudah bercampur dengan bahan bakar. Secara ideal, sistem EFI harus dapat mensuplai sejumlah bahan bakar yang disemprotkan agar dapat bercampur dengan udara dalam perbandingan campuran yang tepat sesuai kondisi putaran dan beban mesin, kondisi suhu kerja mesin dan suhu atmosfir saat itu. Sistem harus dapat mensuplai jumlah bahan bakar yang bervariasi, agar perubahan kondisi operasi kerja mesin tersebut dapat dicapai dengan unjuk kerja mesin yang tetap optimal.
5.    KOMPONEN- KOMPONEN SISTEM BAHAN BAKAR

       https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhsyRGL40ayDfARfRyc96jHc-daYrd3oGi-S_7jO2el3lvsW-EadZSu1-ZTLzWHpWOLTWFZf_E7dktKcPPcclW0Z4HQLDRvtuYpbLr1S4LA2TppdcSZZ7oXQbkgP9YZ3rAIKtxQCWLaX2hS/s400/pgm+efi1.png
Contoh komponen sistem bahan bakar pada sistem EFI Honda Supra X 125
1. Injector 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggXdZt5aWOFt7RjfXJ1hx4yZcQ8M0W9kfdWOJcA8xNT8EgQ-dHkIMXPN8Z2QEpeqZ-j_afIx1-wiu4r214H9pamG_7RKqck5LgqrBSCNBran8ZIuGlvLyHzmTWLr0oYmkQ5QMuQRDxohE/s200/Injek.jpgInjector bekerja sesuai sinyal dari ECM untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam intake manifold.Mempunyai lubang injector dengan diameter terkecil di dunia dengan dilengkapi filter / saringan.
Sistem pengaturan dengan tingkat presisi paling tinggi di dunia, menghasilkan
pengaturan jumlah aliran bahan bakar yang sangat tepat.
Tidak perlu perawatan berkala sehingga hemat biaya, pembakaran lebih sempurna sehingga menghemat bahan bakar.

2. Pompa Bahan Bakar

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg8hoDSc3t3eAfc0Calp4zVQ4bGw17TcQCN9dfve7K8WqLhgLNoj2AawVxFQobfGFFySmKiXSgugnsImtheeuw0oszxolSvCNaPjUw8h9CMygJhJ-BmNWAPLDD6lL5m2KUhU9T2rj1jAg8/s200/pompa.jpg
Pompa bahan bakar berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki ke injector.
Mampu mengalirkan bahan bakar dengan tekanan yang konstan.
Suara pompa yang halus dan filter dapat diganti terpisah (MODULAR).
Mesin dengan injeksi bahan bakar memiliki 2 macam pompa dalam sistem penyaluran bahan bakarnya,
Pompa bahan bakar tekanan sedang/volume besar di tangki atau lebih dikenal dengan nama Fuel Pump. Pompa ini berfungsi untuk menyuplai kebutuhan dalam sistem injeksi bahan bakar. Umumnya pompa elektris yang terpasang dalam tangki bahan bakar.
Pompa tekanan tinggi/volume rendah atau lebih dikenal dengan nama Fuel Injection Pump (FIP). Pompa ini ada dalam sistem injeksi bahan bahan bakar berfungsi untuk memompa bahan bakar dalam tekanan tinggi untuk suplai ke injektor.

3. Engine Control Module (ECM)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhdGaE3YkEpTLf9U-d5E05BGJ23Mj6aB7n_uddJ03Txo5-wMDkYvVAbGU0AcETpxRsAkgQUCVcYyHk9ibf4eSLrHcdHmeVnlUCDo0ziprYg9cIW7eXydad3el9D2uM9KzF2qFtxSAEpUPo/s200/ECM.jpg
Sebagai pengontrol kinerja sistem dengan mengolah informasi yang dikirimkan oleh komponen sensor.
ECM berfungsi mengontrol waktu penyemprotan bahan bakar, mengatur jumlah bahan bakar yang disemprotkan dan mengatur waktu pengapian.
Menghasilkan akurasi yang sangat tinggi dalam mengatur penyemprotan bahan bakar dan waktu pengapian sesuai input dari sensor-sensor.
Lebih responsif karena pembakaran lebih sempurna, hemat bahan bakar karena suplai bahan bakar disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan mesin.

4. Temperatur Sensor

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiNTm2abUIgaDTo2WZOjnqd5l9VDv2qareLlZ85yPe6lOBha1wVEnqB98Il_nkJRyYZQCayQnVkrPPEhne9Mb6z-jMfHmMLl5WL7XBsYQec22X4DBegsT3bRPs6XZ67-poX7URhyphenhyphencrFmus/s200/temperatur+sensor.jpg
Terdiri dari Sensor EOT (Engine Oil Temperature) dan ECT (Engine Collant Temperature).
Sensor EOT dan ECT berfungsi untuk mendeteksi perubahan suhu mesin.
Mampu mendeteksi perubahan suhu dengan akurat, mesin mudah dihidupkan dalam segala kondisi suhu, konsumsi bahan bakar disesuaikan dengan perubahan suhu mesin sehingga lebih hemat bahan bakar.


5. Sensor Throttle Position (TP)

throtle-body-hsx-inj.jpg
Berfungsi untuk mendeteksi posisi/sudut bukaan gas.
Mampu mendeteksi perubahan bukaan gas dengan akurat, pencampuran bahan bakar dengan udara selalu optimum disesuaikan dengan perubahan posisi bukaan gas sehingga lebih hemat bahan bakar dan lebih responsif.



6. Ignition Pulse Generator (CKP) Sensor

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgk4EezdH80CxWsW0Qw1l04AxoWmxzBsiY2u7Q1COdvcgbm2HPClS0SFT_syJI_OtjbI_rXb5_vLD5cbO-axq1uuGgUXhrM3hLNa4-B2o_MyuKq7hfTlobNM68kkacLFIJxGwz46AtAQfE/s200/CKP.jpg
Sensor CKP berfungsi untuk mendeteksi putaran mesin dan sudut crankshaft.
Mampu mendeteksi dan memonitor posisi dan kecepatan putaran crankshaft dengan akurat.
Sensor CKP mengirimkan sinyal listrik ke ECM untuk mengontrol waktu pengapian dan parameter jumlah injeksi bahan bakar serta pengaturan waktu injeksi.


7. Oxygen (O2) Sensor

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggnSi2PPvEbAWEN5B1zEeaAYiD8I0JeclzKDTJIMpqwfzfs-OEWwpRlgtRnJXA7vaKrLe5gWKPM-Y6xwXc-bCugf-9yifdYt3tnCIKkRi4kxiyRdBBwI8-1UeeBrc8pJhObMljkECl7yk/s200/O2.jpg
Sensor O2 berfungsi untuk memperbaiki campuran udara dan bahan bahkar dengan cara mendeteksi konsentrasi oksigen yang dikandung di dalam gas buang.
Mampu mendeteksi konsentrasi oksigen pada gas buang dengan akurat.
5. Mengenal kode kerusakan pada motor injeksi MIL(malfunction indicator lamp)

      
Bagaimana cara mendeteksi bila sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada PGM-FI? Dalam spidometer, ditambahi MIL atau Malfunction Indicator Lamp. Bentuknya tidak rumit, Cuma satu lampu di pojok spido tapi bisa mendeteksi bagian mana yang rusak dalam PGM-FI. Caranya cukup dengan memutar kunci kontak, MIL akan menyala selama 2 detik (pengecekan seluruh PGM-FI) kemudian akan mati (kalibrasi). Kalau ada kerusakan baru ia akan mengedip dengan cepat, berapa banyak kedipan akan memberitahu kita dimana kerusakan yang terjadi. Apabila tidak terjadi kerusakan, lampu akan tetap mati setelah kalibrasi
kedipan
Kedipan ini memberikan arti bahwa sensor MAP (Manifold Absolute Presure) sedang mengalami kerusakan. MAP sendiri berfungsi sebagai pendeteksi jumlah udara yang masuk ke dalam mesin dengan cara mendeteksi perubahan tekanan pada intake manifold. Ketika sensor MAP ini bermasalah maka yang akan terjadi MIL akan memberikan sinyal kedipan satu kali namun berulang ulang. Meskipun sensor ini rusak, mesin akan tetap hidup kan tetapi sebaiknya segeralah memperbaiki kerusakan tersebut.
1)        7 kedipan
merupakan sinyal indikator kerusakan pada bagian sensor Engine Oil Temperatur (EOT) dan Engine Coolant Temperature (ECT). Sensor tersebut digunakan untuk mendeteksi perubahan suhu mesin dengan mengubahnya ke dalam perubahan pada nilai tambahan thermistor. Kemudian sinyal elektrik yang dihasilkan oleh sensor tersebut dikirimkan ke ECM untuk menyesuaikan jumlah injeksi bahan bakar dan waktu pengapian berdasarkan temperatur mesin. Sehingga jika terjadi kerusakan pada sensor EOT maupun ECT maka akibatnya mesin akan sulit dihidupkan pada kondisi mesin dingin.
2)        8 kedipan
Kedipan ini merupakan kode kerusakan yang paling berpengaruh pada performa mesin. Sebab kode ini memberikan arti bahwa ada kerusakan pada sensor Throttle Position (TP sensor). TP sensor berfungsi untuk mendeteksi sudut bukaan throttle valve. Sehingga jika sensor ini rusak maka akselerasi mesin motor Anda akan menurun.
3)        9 kedipan
Kedipan ini berhubungan dengan kerusakan pada sensor Intake Air Temperature (IAT). IAT di pasang agar dapat mengatur percampuran udara dan bahan bakar sesuai dengan temperatur udara pada intake. Jika sensor ini rusak memang tidak terasa berpengaruh pada mesin akan tetapi lebih baiknya jika Anda tetap harus memperbaiki kerusakan ini agar tidak menjalar pada komponen lain.
4)        12 kedipan
Kode sinyal kedipan berjumlah 12 kali ini juga salah satu kerusakan sistem injeksi yang termasuk fatal. Bisa dipastikan jika MIL mengirimkan kode kerusakan sebanyak 12 kedipan maka pasti motor Anda dalam keadaan mati atau mogok. Sebab kode sinyal ini berasal dari kerusakan injektor yang menempel pada bagian throttle body. Jika injektor ini rusak maka penyuplaian bahan bakar ke ruang bakar menjadi terhenti dan membuat mesin akan mati.

5)        21 kedipan
21 kedipan MIL adalah megisyaratkan bahwa sensor O2 yang terdapat pada motor Honda PGM-FI sedang mengalami kerusakan. Cara kerja sensor ini adalah untuk memperbaiki campuran udara dan bahan bakar dengan mendeteksi konsentrasi oksigen dari hasil pembakaran. Sensor yang terpasang pada bgian saluran pembuangan silinder head ini ketika terjadi kerusakan memang tidaklah berpengaruh pada performa mesin namun jumlah kedipan yang di dapatkan pada MIL memberikan saran agar Anda memperbaiki kerusakan tersebut.
6)         29 kedipan
Sensor Idle Air Control Valve (IACV) mempunyai fungsi sebagai pengatur jumlah aliran udara yang mengalir pada putaran stasioner. Jadi dengan adanya sensor IACV, Anda tek perlu lagi menyetel aliran udaranya karena sudah otomatis menyesuaikan dari putaran mesin stasioner. Kerusakan sensor inilah yang menyebabkan MIL berkedip sebanyak 29 kali kedipan. Sensor ini berhubungan langsung pada putaran stasioner mesin sehingga jika terjadi kerusakan maka yang akan terjadi adalah mesin motor akan sulit untuk dihidupkan.
7)         33 kedipan
Kedipan ini bukanlah berasal dari kerusakan sensor-sensor pada motor PGM-FI akan tetapi berasal dari kerusakan bagian otak motor Honda PGM-FI yakni dari Engine Control Module (ECM). ECM atau yang biasa disebut Enggine Contol Unit (ECU) berkerja dengan menerima sinyal yang dihasilkan oleh sensor-sensor yang tersdapat pada mesin kemudian ECU akan mengolah data tersebut menggunakan peta kinerja multi dimensi (look-up table) untuk menentukan pencampuran air, udara, bahan bakar yang digunakan untuk mesin Honda PGM-FI.
8)        54 kedipan
Kedipan yang terakhir ini memberikan pernyatan bahwa Bank Angle Sensor pada motor Anda mengalami kerusakan. Sensor ini berhubungan langsung pada keselamatan Anda ketika terjadi kecelakaan karena Bang Angle Sensor bertugas membeikan sensor posisi motor ketika terjadi kecelakaan. Sehingga ketika motor terjatuh, secara otomatis sensor ini memberikan peintah sinyal ke ECU untuk mematikan mesin. Jika Bang Angle Sensor rusak maka mengakibatkan mesin motor tidak bisa dihidupkan karena sensor ini akan mematikan beberapa fungsi komponen motor Anda sepeti injector, fuel pump dan ignition coil.

6.   KELEBIHAN DAN KEKURRANGAN SISTEM BAHAN BAKAR INJEKSI
Kelebihan Sistem Bahan Bakar Injeksi
1.        Pembakaran Menjadi Lebih Sempurna
Dengan perbandingan AFR yang lebih baik dan dikontrol oleh perangkat elektronik, maka motor yang menggunakan teknologi injeksi akan menghasilkan pembakaran yang jauh lebih baik daripada motor yang menggunakan sistem karburator. Hal ini disebabkan oleh AFR yang dihasilkan sudah sesuai dengan kebutuhan motor anda, dan dapat berubah ketika terjadi perubahana suhu udara sekitar karena terdapat sensor udara yang akan menganalisa suhu dan kondisi udara yang akan dicampur dengan bahan bakar.
2.        Konsumsi BBM Lebih Irit
Seperti sudah disebutkan sebelumnya, motor yang menggunakan teknologi injeksi memiliki            pembakaran yang lebih sempurna. Pembakaran yang lebih sempurna ini akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar dari kendaraan anda. Karena lebih sempurnanya pembakaran, maka proses pembakaran pun akan menjadi lebih optimal. Pembakaran optimal ini juga akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar kendaraan anda.
Selain itu, injector biasanya memiliki setelan pemrograman yang sesuai dengan standar pabrik. Pabrik biasanya akan menyetel ECM pada motor anda hingga akan dicapai konsumsi bahan bakar yang paling optimal bagi motor anda.
3.        Tidak Perlu Repot Melakukan Penyetelan
Apabila sistem pembakaran masih menggunakan sistem karburator, maka sering terjadi perubahan setelan AFR yang terjadi pada karburator motor anda. Biasanya berubahnya setelan ini diakibatkan oleh getaran – getaran yang dihasilkan oleh mesin, atau kualitas karburator yang semakin nenurun
4.        tidak perlu susah dalam melakukan servis
Apa saja hal yang anda lakukan ketika melakukan servis rutin pada motor anda? Salah satunya adalah membersihkan karburator. Pernahkah anda memperhatikan ribetnya montir dalam membongkar karburator? Nah, apabila motor anda menggunakan sistem injeksi, anda dapat melewati hal ini. Cukup menyemprotkan injector cleaner ke dalam lubang busi dan beres.
Kekurangan Motor Injeksi
1.        Masih Sedikit Bengkel Umum yang Menerima Servis Injeksi
Namun demikian, walaupun memiliki banyak kelebihan, motor dengan teknologi injeksi memiliki beberapa kekurangan. Antara lain masih sedikit bengkel umum yang berani melakukan servis terhadap perangka injector. Biasanya, selain menggunakan injector cleaner, injector juga sebaiknya di diagnose dengan alat khusus untuk mengetahui apakah injector berfungsi normal atau tidak. Tidak semua bengkel umum mempunyai alat seperti ini, membuat servis terhadap motor injeksi cukup berjalan maksimal apabila dilakkan di bengkel umum.

2.        Harga yang Mahal
Selain itu harga perangkat injector dan alat pendukung mesin injeksi masih tergolong mahal. Apabila perangkat ini mengalami kerusakan, maka biaya perbaikan atau penggantiannya pun lumayan menguras kantong. Tidak sema montir dan mekanik mengerti tentang cara memperbaiki atau menyelel ulang ECM. Dan apabila ada yang mengerti, pasti dia mematok biaya yang cukup tinggi.

3.        Sulit Untuk Modifikasi
Sebenarnya bagi anda yang gemar melakukan modifikasi, motor injeksi sepertinya cukup cocok. Karena ketika anda ingin memodifikasi performa dari tunggangan anda, ada banyak variabel yang harus anda rubah, salah satunya adalah proses pencampuran bahan bakar dan udara. Apabila pada motor dengan sistem karburator, cara untuk merubah pencampuran bahan bekar bakar dengan udara sangat mudah, hanya dengan mengganti ukuran pilot jet, main jer, atau dapat juga dengan mengganti karburator dengan venture lebih besar, maka pada mesin injeksi, hal ini agak sulit dilakukan. Hal ini membuat proses modifikasi anda cukup maksimal. Sebenarnya anda bisa menyetel ulang ECM, atau mengganti ECM dengan modul baru yang lebih cocok untuk mesin hasil modifikasi, namun sekali lagi, biaya yang dikeluarkan jauh lebih mahal.

4.        Sensitif Terhadap Perangkat Kelistrikan
Dan yang kelemahan dari motor dengan sistem injeksi adalah sangat sensitive terhadap perangkat kelistrikan. Perlu diingat, sistem injeksi memerlukan ECM untuk bekerja secara optimal, dan ECM dikendalikan oleh komputer yang membutuhkan kelistrikan yang stabil dan baik. Apabila kelistrikan motor anda bermasalah, seperti aki soak, atau terjadi korsleting, maka kemungkinan akan terjadi kerusakan terhadap piranti tersebut.






7. JENIS-JENIS TIPE INJEKSI BENSIN

Sistem  injeksi bensin dapat diklasifikasika nmenjadi Berdasarkan Lokasi Injektor
a. Injeksi Bensin Langsung
Pada saat sistem injeksi bensin diaplikasikan di kendaraan maka sistem injeksi langsung seperti motor diesel yang pertama kali dicobakan yaitu bensin langsung disemprotkan pada ruang bakar (injektor dipasang dikepala silinder).
Beberapa kesulitan teknis terjadi dalam sistem ini seperti; pengabutan bahan bakar kurang sempurna terutama saat motor belum panas yang mengakibatkan bensin akan merembes ke ruang oli, disamping itu pompa injeksi bensin yang mekanismenya menyerupai pompa injeksi diesel juga mengalami kesulitan dalam pelumasan karena nilai kekentalan bensin sangat rendah, sehingga perawatan pompa injeksi menjadi sangat mahal.
Akan tetapi belakangan ini sistem injeksi langsung terus dikembangkan dan diperbaiki kembali, kesulitan-kesulitan yang terjadi sebelumnya telah bisa diatasi, sehingga beberapa prototipe sistem injeksi langsung motor bensin sudah dikeluarkan oleh pabrik pembuatnya, Teknologi ini kemudian lebih dikenal dengan sistem GDI (gasolin direct injection). Menurut para ahli konstruktor mesin; sistem GDI dapat dibuat lebih effisien jika dibandingkan dengan sistem injeksi bensin tak langsung.
b. Injeksi Bensin Tak Langsung
Sekitar tahun 1972 sistem injeksi tak langsung seperti yang kita jumpai saat ini mulai diterapkan pada kendaraan, bahan bakar disemprotkan tidak langsung ke dalam ruang bakar melainkan pada saluran masuk sebelum katup masuk. Sistem ini sudah mengalami perkembangan yang jauh dan hampir semua kendaraan motor bensin yang mementingkan effisiensi bahan bakar dan kadar emisi/gas buang yang baik memakai sistem injeksi ini, meskipun pada awalnya sistem injeksi bahan bakar ini direncanakan untuk dipakai pada mesin

B.Proses pengerjaan /produksi
 1.Permasalahan yang sering muncul pada system bahan bakar injeksi dan cara mengatasinya
   Motor Bermesin Injeksi memiliki beberapa keunggulan diantaranya yaitu irit dengan bahan bakar dan ramah terhadap lingkungan sebab, sistem kerja mesin injeksi yang ada di dalam mesin motor tersbut di desain sedemikian rupa untuk mmberikan beberapa kelebihan tersebut untuk penggunanya.
   Untuk memperbaiki mesin motor injeksi ini tergolong sulit karena mesin motor injeksi menggunakan teknologi canggih sehingga montir biasa terkadang sulit untuk mengatasi masalah pada mesin tersebut. Motor injeksi yang bermasalah memang seharusnya di bawa ke bengkel resminya, karna bengkel resminya tersebut terdapat alat-alat yang memadai guna memperbaiki sistem yang terdapat pada mesin injeksi.
  Salah satu masalah kerusakan yang sering muncul pada motor bermesin injeksi ini adalah mesin motor yang tiba-tiba mati dan kondisi gas yang tidak stabil saat kita gunakan. Masalah tersebut memang banyak dialami oleh para pengguna motor injeksi khususnya untuk motor 125 cc. Hal ini diduga karena adanya penyumbatan pada bagian mesin terutama pada bagian filter injektor, injektor dan filter mesin. Penyumbatan tersebut terjadi akibat adanya penumpukan kotoran pada mesin sehingga menyebabkan aliran bensin ke ruang bahan bakar menjadi tidak lancar.
  Untuk memperbaiki masalah kerusakan tersebut adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian mesin tersebut. Bukalah mesin motor dan cek bagian tersebut, jika benar terdapat kotoran pada bagian-bagian tersebut maka kotoran tersebut harus dibuang. Pembuangan kotoran ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati karena tindakan yang salah justru akan merusak mesin motor. 
   Hal tersebut disebabkan mesin pada motor injeksi memiliki bagian-bagian yang memang sangat sensitif, sehingga bila tidak dilakukan dengan sangat hati-hati maka akan merusak mesin.
   Bersihkan bagian mesin yang bermasalah itu dengan menggunakan bensin dan injektor cleaner yaitu dengan cara disemprotkan atau dengan mengocok-ngocok mesin dengan cairan tersbut hingga kotoran yang mengganggu mesin dapat dikeluarkan. Jika kotoran sudah keluar dari mesin maka pasang kembali rangkaian mesin tersebut dan masalah mesin injeksi motor ini pun sudah teratasi.
   Teknologi motor injeksi merupakan teknologi motor baru sekarang ini. Ada banyak bagian yang berbeda antara motor injeksi dengan motor sebelumnya. Oleh sebab itu, banyak permasalahan dari motor injeksi yang sulit dipecahkan atau diselesaikan karena perbedaan teknologi tersebut. Apalagi jika motor injeksi mengalami kerusakan. Kita akan membutuhkan waktu untuk berpikir dan mencari solusi dari kerusakan tersebut. Lalu bagaimana cara memperbaiki motor injeksi yang rusak tersebut? Untuk memperbaiki motor injeksi yang rusak tentunya dibutuhkan beberapa analisa dari penyebab kerusakannya motor injeksi.
  Sistem kerja dari motor injeksi ini sebenarnya sudah berbeda dengan teknologi motor sebelumnya. Jika teknologi motor sebelumnya menggunakan karburator, pada teknologi motor injeksi ini keberadaan karburator sudah dihilangkan, dan diganti dengan sistem ecu atau lebih dikenal dengan sistem berbasis komputer. Dengan teknologi komputer inilah malahan yang akan menyebabkan sulitnya memperbaiki jika motor injeksi mengalami kerusakan.
  Pada teknologi motor yang menggunakan karburator ketika motor mengalami mogok, maka akan dengan mudah ditelusuri penyebab dari mogoknya motor tersebut. Biasanya penelusuran dimulai dari karburator kemudian dilanjutkan ke busi dan terakhir adalah ke cdi. Namun pada teknologi motor injeksi sekarang ini chika motor mengalami mogok, maka kita akan sulit mendeteksi karena bagian karburator juga sudah dihilangkan.
  Lalu dengan keadaan seperti itu apakah kita tidak bisa memperbaiki sepeda motor injeksi yang rusak tersebut? Tentunya banyak jalan menuju ke roma. Dan penyesalan juga untuk menganalisa penyebab dari mogoknya motor dengan sistem injeksi tersebut. Ada beberapa bagian dari motor injeksi yang perlu dilakukan pengecekan ketika motor tersebut mengalami kerusakan. Biasanya motor injeksi yang mogok penyebab utamanya adalah adanya penyumbatan diy bagian mesin apalagi di bagian filter injektor yang kerap sekali terdapat penyumbatan. Kemudian bagian lain yang sering sekali mengalami penyumbatan adalah di bagian filter mesin dan injector.
   Pengobatan tersebut tentunya bisa berakibat aliran bahan bakar ke dalam ruang bakar menjadi tidak lancar. Penyematan itu terjadi lantaran adanya penumpukan kotoran pada mesin. Lalu hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah tentunya dengan melakukan berbagai macam pengecekan di bagian mesin yang bermasalah tersebut. Cara yang paling mudah adalah dengan membuka bagian mesin motor injeksi tersebut lalu melakukan beberapa pengecekan di bagian yang berpotensi mengalami kerusakan pada penjelasan diatas. Jika memang ada penyumbatan pada bagian bagian yang sudah saya suka diatas makan kotoran penyumbatan tersebut haruslah dibuang. Namun pada saat membuang kotoran tersebut haruslah sangat hati hati, karena jika salah dalam melakukan pembersihan maka bukannya motor akan terus kembali namun malah akan menambah tingkat kerusakan motor injeksi tersebut.
   Perlu di ketahui bersama bahwa pada beberapa bagian mesin tertentu di motor injeksi memiliki sifat yang sangat sensitif sehingga kita harus dengan sangat hati hati dalam melakukan perbaikan tersebut. Kalau tidak maka bisa berpotensi besar akan menambah tingkat kerusakan motor injeksi tersebut. Untuk mengeluarkan beberapa kotoran yang menyumbat baik itu di bagian filter injector ataupun yang lainnya, bisa menggunakan bantuan kompresor dengan tingkat tekanan udara yang rendah.memang masih ada dan banyak sekali penyebab dari kerusakan motor injeksi. Namun kasus yang paling banyak adalah karena adanya penumpukan kotoran di bagian filter
 pesawat kecil.
2. Cara Merawat Sistem Bahan Bakar Injeksi/PGM-FI
New-Supra-X-125-FI-medium.jpg
Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda coba untuk merawat Motor berinjeksi:
1.Gunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi
bahan Bakar oktan 90% ke atas adalah yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi oleh sepeda mototr injeksi. Kinerja mesin akan berpengaruh jika menggunakan bahan bakar berkualitas rendah dan akan meninggalkan kerak pada sistem injeksi serta mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin.Selain itu, Bahan bakar berkualitas buruk yang ditambahkan dengan oktan booster dengan spesifikasi yang tidak sesuai akan menyebabkan lubang injektor
2. Pehatikan Kondisi Aki
Sepeda motor injeksi sangat bergantung pada kondisi aki sebagai penghidup mesin dalam sistem pembakarannya. Oleh karena itu, perhatikan kondisi aki secara rutin. Jika air akinya kurang, tambahkan dengan air aki yang banyak beredar dipasaran. Namun jika aki sudah tidak menghasilkan arus listrik yang maksimal, segera ganti aki motor injeksi anda sebelum aki benar-benar soak.
3. Ganti Oli Secara Teratur
Rajinlah mengganti oli transmisi secara rutin. Jangan sampai mesin anda kering karena kurangnya pelumas sehingga mengakibatkan terganggunya kinerja mesin. Usahakan untuk mengganti oli mesin setian 1.000 km sekali dan oli Gear setiap 5.000 km. Jangan lupa juga untuk mengganti oli shockbaker, khusunya pada motor jenis matic, setiap 10.000 km atau sampai sudah terdengar suara mendecit.

4. Periksa ECU
ECU atau Electronic Control Unit adalah otak dari pengoperasian sytem injeksi pada sepeda motor. Keseluruhan unit injektor, baik takaran bahan bakar yang disemprotkan maupun buka tutup klep injector juga di atur oleh ECU, sehingga bila peranti ini terganggu maka kinerja injector juga tidak akan berjalan sebagaimana mestinya dan bisa mengakibatkan motor menjadi mogok. Oleh karena itu disarankan untuk memeriksa ECU secara berkala kepada ahlinya seperti montir atau mekanis.
5. Perawatan Busi
Sepeda Motor Injeksi / IstBusi merupakan pemantik api yang dibutuhkan saat proses pembakaran meisn. Rawatlah busi secara verkala agar dapat maksimal untuk membakar mesin di ruang pembakaran. Jika busi rusak maka proses pembakaran tidak akan sempurna dan membuat mesin menjadi kurang bertenaga bahkan mengakibatkan sepeda motor menjadi tidak menyala. Gantilah busi pada setiap jarak tempuh 20.000 km agar performa mesin tetap berjalan maksimal.
6. Periksa Bahan Bakar Di Tangki
Jangan membiarkan tangki kosong pada saat sepeda motor dikendarai. Selalu cek tangki bensin dan jangan biarkan dalam keadaan kurang terisi. Jika kosong, Kotoran pada tangki bensin akan mudah terserap dan akan mudah menghambat kinerja mesin. Disarankan untuk mengisi bahan bakar ketika bensin tersisa 1/4 di tangki.
7.Lakukan Service Berkala
Jangan lupa untuk menservice sepeda motor injeksi anda secara berkala setiap 3.000 km sekali atau sesuai dengan buku petunjuk pemakaian. Usahakan untuk membawanya ke tempat service minimal 3 bulan sekali, namun jika sepeda motor sering digunakan, service rutin sebulan sekali sangat di anjurkan.
8. Check selang bahan bakar
   Injektor berfungsi menyemprotkan kabut bahan bakar dengan tekanan tinggi ke mesin yang takaran dan waktunya diatur oleh peranti Electronic Control Unit (ECU).
Selain berperan penting dalam menentukan proses pembakaran di ruang bakar mesin, peranti ini juga sangat menentukan boros tidaknya konsumsi bahan bakar sebuah motor. Namun, ketepatan sistem kerja itu juga tergantung komponen lain, termasuk selang dan pompa bahan bakar.
Bila selang kotor atau bocor, maka kerja injektor tidak akan maksimal. Oleh karena itu, selang wajib diperiksa setelah motor menempuh jarak 2.000 kilometer.





            C.Pembahasan/ulasan
kesan yang didapat selama kami menjalani prakerin antara lain:
1.    prakerin merupakan kegiatan yang menuntut siswa agar belajar disiplin dan tentunya di tuntut agar dapat bekerja dengan menerapkan segala pengetahuan yang di berikan di sekolah
2.    dalam  menjalani prakerin, tidak mudah seperti apa yang dibayangkan sebelumnya karena di tempat prakerin tidak semua materi yang diberikan disekolah itu masuk
3.    kegiatan prakerin dapat membentuk siswa agar dapat bekerja,walaupun kenyataannya masih di bangku sekolah
4.    banyak ilmu ilmu baru yang didapat selama kegiatan prakerin yang tentu saja dapat dijadikan bahan dan pengalamanuntuk modal bekerja di masa depan
5.    untuk saya pribadi tentu merasa puas dan bahagia karena dapat menjalankan kegiatan prakerin dengan baik hingga berakhirnya kegiatan ini.

















BAB 3
PENUTUP
       A.Kesimpulan

Setelah saya  melaksanakan Prakerin di Bintang motor palembang selama tiga bulan yaitu tanggal 20 januari - 2  april, saya dapat menarik kesimpulan :
1. Pelaksanaan Prakerin sangat bermanfaat untuk membantu pengetahuan, keterampilan dan kreativitas dalam dunia kerja
2. Selama Prakerin di laksanakan saya dapat mempelajari dan selalu berusaha meningkatkan dan mengembangkan keterampilan
       3. Tugas-tugas yang telah di berikan telah dapat saya selesaikan dengan baik dan dapat   memberikan pengetahuan yang berharga bagi saya
4. Setelah mempelajari dan mempraktikan tugas yang di berikan, dapat
menunjang kemampuan masing-masing program studi
.
Ditempat kami praktek kerja industri yaitu AHASS Modern Plaju,Palembang kami anggap sebagai motivasi dan bekal untuk kami jumpai dalam melaksanakan praaktek kerja industri, kami anggap sebagai semangat dalam pengalaman kerja





     













B.     Saran

1.             Saran untuk sekolah
-
·         Menambah jam praktek di bengkel
·         Pembekalan prakerin harus lebih matang lagi
·         Pihak sekolah memberikan tori sejelas jelasnya dalam pelajaran dan praktek agar siswa dapat menerapkannya didunia kerja dengan mudah
·         Pihak sekolah memberikan penambahan teori mengenai teknologi terbaru yang selama ini sudah berkembang
·         Untuk lebih meningkatkan mutu lulusan SMK Bukit Asam, kami mengharapkan agar lebih di tingkatkan lagi proses belajar mengajar serta meningkatkan mutu dan keterampilan dan menambah fasilitas yang ada
·         Pihak sekolah harus mempunyai hubungan luas dengan pihak industri sehingga mempermudah siswa – siswa dalam melaksanakan PKL.

2.             Saran untuk perusahaan

·         Selama kami melaksanakan prakerin di Bengkel AHASS Modern Plaju saya merasakan bahwa Bengkel AHASS Modern Plaju tersebut sangat baik dan ramah dalam membimbing saya.Oleh karena itu saya berharap agar keramahan dan kebaikan pegawai bukan hanya kepada saya pribadi, melainkan kepada siswa/i dari sekolah kami. Tidak lupa saya juga ingin mengucapkan terima kasih pegawai yang telahmembantu kami dalam melaksanakan Praktek kerja lapangan
·         Para pegawai harus menjunjung rasa solidaritas dan kebersamaan dengan baik
·         Perlu di tingkatkannya disiplin dalam bekerja








DAFTAR PUSTAKA
·  Harga motor,2014. Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangan, http://hargamotor.co.id/teknologi/motor-injeksi-pengertian-cara-kerja-kelebihan-dan-kekurangan.html
·  Honda,2013.Komponen Pgm fi dan Fungsinya,      http://hondakami.blogspot.co.id/2013/09/komponen-pgm-fi-dan-fungsinya.html
















LAMPIRAN



































 LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
Sistem Bahan Bakar Injeksi pada Motor Supra x 125 FI
                     

http://bukitasamfoundation.com/upload/program/logo_y2VhjHc2F5_imagesgfgfdjpg.jpg                           

Oleh :                                                                                                                            RIKO PRASETYO                                                                                                                              NIS : 8876                                                                                                           Jurusan Teknik Sepeda Motor



SMK BUKIT ASAM
TAHUN PELAJARAN 2015/2016




SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
BUKIT ASAM
Kampus I : Jl. Buluran Atas. Talang Jawa-Tanjung Enim 31716
Kampus II : Jl. Lingga Raya Klawas KM 3.5 Tanjung Enim
Telp. (0734) 451096-Ext.1886-Faks.(0734) 451409

Telp. (0734) 451096-Ext.1886-Faks.(0734) 451409


 
 

sep-footnote yayasan1.jpg                     

Halaman Pengesahan

Laporan ini Disampaikan untuk Sebagai dari Persyratan                                                         Penyelesaian Pratek Kerja Lapangan SMK Bkit Asam
Semester Januari-Juni 2016


Oleh                                                                                                                                             Riko Prasetyo                                                                                                                                       NIS: 8876                                                                                                                                Jurusan Teknik Sepeda Motor
                                                                                                                                                                                                  
Diperiksa dan Disyahkan Oleh:                                                                                                  Pembimbing dari Perusahaan/Industri                                   
Tanda tangan

________________
( Jefri Anggara )

Kepala/Manager

Cap/Stempel perusahaan dan tanda tangan                                                                               
                                            
( Irfan Hasibuan )





Laporan ini Disampaikan untuk Memenuhi Sebagai dari Persyaratan  Penyelesaian Praktek Kerja Lapangan SMK Bukit Asam

Semester Januari-April 2016

Oleh                                                                                                                                                  Riko Prasetyo
NIS: 8870
Jurusan Teknik Sepeda Motor


   Diketahui                                                                                Diperiksa oleh                                                                                                                                                                                                         Ketua Pelaksana PKL                                                             Guru Pembimbinng Pembimbing
 

     Yulius Mases, S.Pd                                                              EndriWagianto,ST                                                                                                                                                                                                                                                                                                            
        NIY:300100193                                                                    NIY: 300100108


Disahkan Oleh;
Kepala SMK Bukit Asam


Hj. Sri Indarti, S. Pd
NIY:300100048



 KATA PENGANTAR

    Puji syukur kehadirat Allah SWT atas petunjuk ,rahmat ,dan hidayah –Nya ,penulis dapat menyelesaikan Laporan pelaksanaan prakerin tanpa ada halangan apapun sesuai dengan waktu yang telah di tentukan .Laporan ini disusun berdsarkan pengalaman dan ilmu yang saya peroleh Selama melaksakan praktek kerja industri di Bengkel Ahass Modern Plaju.
Dengan ini saya menyadari bahwa Laporan ini tidak tersusun dengan baik tanpa adanya bantuan dari pihak-pihak terkait .oleh karna itu ,pada kesempatan ini tidak lupa juga saya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam kegiatan praktek Kerja Industri (PKL)
Ucapan terimakasih yang sebesar –besarnya saya sampaikan kepada :
1.      Bapak Irfan Widyassaputra Hasibuan ( Sebagai MANAGER BENGKEL )
2.      Ibu Eti Mulyani ( Sebagai FRONDESK/KASIR BENGKEL )
3.      Bapak Jefri Anggara ( Sebagai KEPALA MEKANIK )
4.      Bapak Ardiansyah ( Sebagai MEKANIK SERVICE ADVISOR )
5.      Bapak Berry Pratama ( Sebagai MEKANIK )
6.      Ibu Hj.Sri Indarti,S.Pd ( Sebagai Kepala Sekolah SMK BUKIT ASAM )
7.      Bapak Hendri Wagianto,ST ( Selaku Guru Pembimbing PKL )
8.      Bapak Yulius Mases,S.Pd ( Ketua Pelaksana PKL )
9.      Kedua orangtua dan saudara saya yang telah mendukung dan memberikan  
           doa restu
10.  Pihak-pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, atas dukungan
           dan doa restu  yang berhubungan dengan kegiatan Praktek Kerja
           Industri.

Saya menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu mohon kritik dan saran nya. Harapan dari saya semoga laporan yang membuat pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan selama melaksanakan Praktek Kerja Industri ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi SMK Bukit Asam 


                                                                                               Penulis




                                                                                 _____________________    
                                                                                       ( Riko Prasetyo )                                                                                             
                                                        
          Daftar Isi
                                                                                      HALAMAN
HALAMAN JUDUL.................................................................................  i
HALAMAN PENGESAHAN................................................................... ii
KATA PENGANTAR............................................................................... iii
DAFTAR ISI.............................................................................................. iv

BAB 1 PENDAHULUAN........................................................................... 1
            A. Latar Belakang Pelaksanaan PKL............................................ 1
            B. Deskripsi Perusahaan................................................................. 1
            C. Perencanaan Kegiatan PKL...................................................... 4
            D. Pelaksanaan Kegiatan PKL serta Hambatan-hambatan
                 yang ditemui dan penyelesaiannya............................................ 9

BAB 2 PEMBAHASAN SISTEM BAHAN BAKAR INJEKSI............................. 10
            A. Aspek Aspek teoristis.................................................................. 10
            B. Proses Pengerjaan / Produksi..................................................... 21
            C. Pembahasan................................................................................. 29

BAB 3 PENUTUP........................................................................................ 30
            A. KESIMPULAN........................................................................... 30
            B. SARAN......................................................................................... 31

DAFTAR PUSTAKA.................................................................................. 32
LAMPIRAN................................................................................................. 33
BAB 1 PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Pelakasanaan PKL

    Setiap siswa SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja karena lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak dunia usaha/industri. Oleh karena itu diadakan suatu program Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) yaitu agar setiap siswa lulusan SMK mempunyai pengalaman dalam dunia usaha sebelum memasuki dunia usaha tersebut secara nyata setelah lulus sekolah.
    Pendidikan sistem ganda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya . melalui pendidikan sistem ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut. Dimana para siswa yang dapat melaksanakan pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat sekaligus mempelajari pada dunia industri . tanpa diadakannya pendidikan sistem ganda , hal ini kita tidak akan bisa langsung terjun ke dunia industri dikarenakan belum mengetahui situasi dan kondisi lingkunagan kerja.
    Kegiatan PKL ini juga merupakan salah satu persyaratan di SMK Bukit Asam , agar siswa dapat membandingkan antara materi disekolah dengan dunia kerja dan untuk memenuhi persyaratan kenaikan kelas

     B. Deskripsi Perusahaan
       AHASS Modern Plaju adalah badan usaha yang didirikan pada tanggal 1 November 2008, AHASS Modern Plaju mulai bergabung dengan PT.Astra Honda Motor sejak tanggal 11 Januari 2009. Mekanik pertama bengkel ini sendiri adalah bapak Irfan Hasibuan, yang sekaligus sebagai pemilik bengkel AHASS Modern Plaju itu sendiri. Bengkel AHASS Modern Plaju memiliki luas 8x9 m2 .
        AHASS Modern Plaju bekerja sama dengan PT.Astra Honda Motor untuk divisi :
   
       H2 - Divisi Bengkel & Perawatan  H 2 – Divisi Bengkel & Perawatan             H3 - Divisi Suku Cadang H 3 – Divisi Suku Cadang

Serta pelayanan servis gratis untuk motor-motor honda baru ( Klim Garansi ), Jumlah karyawan AHASS Modern Plaju saat ini berjumlah 5 orang.





Bagan Organisasi Bengkel AHASS Modern Plaju
 













Jumlah Pelanggan tetap Bengkel Motor Ahass Modern Plaju Palembang selama satu bulan pada Tahun 2014
Screenshot_3.png








C. PERENCANAAN PELAKSANAAN PKL
1.        Bulan Januari 2016
NO.
HARI/TGL
JENIS PEKERJAAN
WAKTU
1.

Rabu/20-01-2016
Perkenalan dengan mekanik,suasana bengkel dan teman PKL yang lain, membantu mekanik servis.
08.00-16.00
2.
Kamis/21-01-2016
Servis, Ganti oli mesin dan gardan, ganti kanvas rem 
08.00-16.00
3.
Jum’at/22-01-2016
LIBUR

4.
Sabtu/23-01-2016
LIBUR

5.
Minggu/24-01-2016
Servis, Bersihkan filter, Cek angin ban,Ganti oli mesin & gardan
07.30-15.30

6.
Senin/25-01-2016
LIBUR

7.
Selasa/26-01-2016
Servis, membantu mekanik mendata, ganti kanvas rem
07.30-16.00
8.
Rabu/27-01-2016
                                LIBUR

9.

Kamis/28-01-2016
Servis, Mengganti Accu(Battre), Membersihkan filter, Cek angin ban, Ganti oli mesin & gardan
07.30-16.30
10.
Jum’at/29-01-2016
                                LIBUR

11.
Sabtu/30-01-2016
                                LIBUR

12.
Minggu/31-01-2016
Servis, Ganti oli mesin & gardan, Mengganti Kones, Membersihkan filter, Cek angin ban
07.30-15.00







2.      Bulan Februari 2016
NO.
HARI/TGL
JENIS PEKERJAAN
WAKTU
1.

Senin/01-02-2016
Servis, Ganti oli mesin & gardan, Mengganti gear set, Kanvas rem, Busi, Membersihkan filter, Cek angin ban
07.30-16.00
2.

Selasa/02-02-2016
                               LIBUR

3.
Rabu/03-02-2016
Servis, Ganti oli mesin & gardan, Mengganti kanvas rem, Membersihkan busi, Membersihkan filter, Cek angin ban
07.30-16.00
4.
Kamis/04-02-2016
                               LIBUR

5.
Jum’at/05-02-2016
                               LIBUR

6.
Sabtu/06-02-2016
Servis, Ganti oli mesin & gardan, Membersihkan filter, Cek angin ban
07.30-16.00
7.
Minggu/07-02-2016
                               LIBUR

8.
Senin/08-02-2016
Servis, Ganti oli mesin & gardan, Membersihkan filter, Cek angin ban
07.30-16.00
9.
Selasa/ 09-02-2016
                               LIBUR

10.
Rabu/10-02-2016
Servis, Ganti oli mesin & gardan, Membersihkan filter, Cek angin ban
07.30-16.00
11.
Kamis/11-02-201
LIBUR

12.
Jum’at/12-02-2016
LIBUR

13.
Sabtu/13-02-2016
Servis, Ganti oli mesin & gardan, ganti ban
07.30-16.00
14.
Minggu/14-022016
LIBUR

15.
Senin/15-02-2016
Servis, Ganti gear set, ganti ACCU
07.30-16.00
 16.
Selasa/16-02-2016
LIBUR






NO.
HARI/TGL
JENIS PEKERJAAN
WAKTU
17.
Rabu/17-02-2016
Servis,Ganti oli mesin & gardan, Ganti kanvas rem, Bersihkan filter, Cek angin ban, Ganti gear set
07.30-16.00
18.
Kamis/18-02-2016
LIBUR

19.
Jum’at/19-02-2016
LIBUR

20.
Sabtu//20-02-2016
LIBUR

21.
Minggu/21-02-2016
Servis,Ganti oli mesin & gardan, Ganti kanvas rem, Bersihkan filter, Cek angin ban, Stel kones
07.30-15.00
22.
Senin/22-02-2016
LIBUR

23.
Selasa/23-02-2016
Servis,Ganti oli mesin & gardan, Ganti kanvas rem, Bersihkan filter, Cek angin ban, Stel rantai
07.30-16.00
24.
Rabu/24-02-2016
LIBUR

25.
Kamis/25-02-2016
Servis,Ganti oli mesin & gardan, Ganti kanvas rem, Bersihkan filter, Cek angin ban, Membersihkan block silinder motor kharisma ( Turun Mesin )
07.30-16.00
26.
Jum’at/26-02-2016
LIBUR

27.
Sabtu/27-02-2016
LIBUR

28.
Minggu/28-02-2016
Servis,Ganti oli mesin & gardan, Ganti kanvas rem, Bersihkan filter + Busi, Cek angin ban, Stel rantai
07.30-15.00
29.
Senin/29-02-2016
LIBUR








3.      Bulan Maret
NO.
HARI/TGL
JENIS PEKERJAAN
WAKTU
1.
Selasa/01-03-2016
Servis, Ganti oli mesin & gardan, Mengganti gear set, Kanvas rem, Busi, Membersihkan filter, Cek angin ban, Setel Rantai
07.30-16.00
2.
Rabu/02-03-2016
                               LIBUR

3.
Kamis/03-03-2016
Servis, Ganti oli mesin & gardan, Mengganti kanvas rem, Membersihkan busi, Membersihkan filter, Cek angin ban
07.30-16.00
4.
Jum’at/04-03-2016
                               LIBUR

5.
Sabtu/05-03-2016
                               LIBUR

6.
Minggu/06-03-2016
Servis, Ganti oli mesin & gardan, Membersihkan filter, Cek angin ban
07.30-16.00
7.
Senin/07-03-2016
                               LIBUR

8.
Selasa/08-03-2016
Servis, Ganti oli mesin & gardan, Membersihkan filter, Cek angin ban
07.30-16.00
9.
Rabu/ 09-03-2016
                               LIBUR

10.
Kamis/10-03-2016
Servis, Ganti oli mesin & gardan, Membersihkan filter, Cek angin ban
07.30-16.00
11.
Jum’at/11-03-201
                               LIBUR

12.
Sabtu/12-03-2016
LIBUR

13.
Minggu/13-03-2016
Servis, Ganti oli mesin & gardan, ganti ban
07.30-16.00
14.
Senin/14-03-2016
LIBUR

15.
Selasa/15-03-2016
Servis, Ganti gear set, ganti ACCU
07.30-16.00
 16.
Rabu/16-03-2016
LIBUR





17.
Kamis/17-03-2016
Servis,Ganti oli mesin & gardan, Bersihkan filter + Busi, Cek angin ban, Stel rantai, Ganti Gear set
07.30-16.30
18.
Jum’at/18-03-2016
LIBUR

19.
Sabtu/19-03-2016
LIBUR

20.
Minggu/20-03-2016
Servis,Ganti oli mesin & gardan, Bersihkan filter + Busi, Cek angin ban, Stel rantai, Ganti Kanvas rem, Gear set
07.30-15.00
21.
Senin/21-03-2016
LIBUR

22.
Selasa/22-03-2016
Servis,Ganti oli mesin & gardan, Bersihkan filter + Busi, Cek angin ban, Stel rantai, Ganti Kanvas rem, Gear set
07.30-16.00
23.
Rabu/23-03-2016
LIBUR

24.
Kamis/24-03-2016
Servis,Ganti oli mesin & gardan,Ganti kanvas rem, Ganti gear set, stel rantai
07.30-16.00
25.
Jum’at/25-03-2016
LIBUR

26.
Sabtu/26-03-2016
Servis, Ganti oli mesin & gardan, ganti vantbelt + kanvas kopling, ganti roller
07.30-16.00
27.


Minggu/27-03-2016
Servis, Ganti oli mesin & gardan, Ganti ban luar + dalam, Ganti Bearing, Ganti gear set,Ganti lampu depan, Ganti pompa bahan bakar
07.30-15.00
28.
Senin/28-03-2016
Servis,Ganti oli mesin & gardan,Ganti kanvas rem, Ganti , stel rantai
07.30-16.00
29.
Selasa/29-03-2016
Servis,Ganti oli mesin & gardan,Ganti kanvas rem, Ganti , stel rantai
07.30-16.00
30.
Rabu/30-03-2016
Servis,Ganti oli mesin & gardan, Ganti stel rantai, Ganti filter
07.30-16.00
31.

Kamis/31-03-2016
Servis,Ganti oli mesin & gardan, Ganti stel rantai, kanvas rem
07.30-16.00



4.      Bulan April
NO.

HARI/TGL
JENIS PEKERJAAN
WAKTU
1.

Juma’t/01-04-2016
Libur

2.
Sabtu/02-04-2016
Berpamitan kepada Mekanik, Teman-Teman PKL, dan Seluruh keluarga besar Bemgkel Ahass Modern Plaju






D.Pelaksanaan Kegiatan PKL serta Hambatan – Hambatan yang ditemui dan penyelesaiannya
Selama melaksanakan kegiatan praktek kerja lapangan (pkl) di Bengkel Ahass Modern Plaju pastilah memiliki kendala atau hambatan baik itu dari segi proses penyesuaian diri dan proses pekerjaan tugas dalam aktifitas kesehariannya yang dirasakan oleh sya sendiri selama PKL .
kendala/hambatan yang dihadapi selama melaksanakan kegiatan PKl adalah:
1.  Tugas yang diberikan terkadang berbeda dengan yang diajarkan di sekolah
2.  Proses beradaptasi di lingkungan perusahaan adalah hambatan berikutnya karena  harus menyesuaikan diri di bengkel
3. pkl kali ini berada di luar kota dan jauh dari pengawasan orang tua
4. mengeluarkan uang yang banyak karena berada di luar kota

Adapun cara untuk menyelesaikan masalah yang timbul selama praktik kerja industry (prakerin), yaitu:
1.    Bila mengalami kesulitan atau tidak mengerti,  bertanya kepada pembimbing/mekanik
2.    Berusaha dan belajar agar kesulitan itu sedikit demi sedikit hilang
3.    Mencoba untuk lebih sering berkomunikasi dengan orang-orang di bengkel











BAB 2
PEMBAHASAN

                      SISTEM BAHAN BAKAR INJEKSI PGM-FI

A. Aspek-aspek Teoristis
1. Pengertian  Sistem Bahan Bakar Motor INJEKSI & PGM-FI

     Sistem bahan bakar adalah sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar.
Penggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator, karena injektor membuat bahan bakar tercampur secara homogen. Hal ini, menjadikan injeksi bahan bakar dapat mengontrol pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih tepat, baik dalam proporsi dan keseragaman.
Injeksi bahan bakar dapat berupa mekanikal, elektronik atau campuran dari keduanya. Sistem awal berupa mekanikal, namun sekitar tahun 1980-an mulai banyak menggunakan sistem elektronik. Sistem elektronik modern menggunakan banyak sensor untuk memonitor kondisi mesin, dan sebuah unit kontrol elektronik menghitung jumlah bahan bakar yang diperlukan. Oleh karena itu, injeksi bahan bakar dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi polusi, dan juga memberikan tenaga keluaran yang lebih.

Injeksi, merupakan suatu metode pencampuran bahan bakar dengan udara pada kendaraan bermotor untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna. Injeksi membutuhkan perangkat bernama injector, yang bertugas me-nyuplai campuran bahan bakar dengan udara. Sistem injeksi merupakan teknologi penerus sistem karburator pada kendaraan bermotor.
download (1).jpg
Sedangkan Pengertian Honda PGM FI adalah sebuah sistem yang tertanam pada suatu motor yang pada sistem ini memiliki sebuah tugas  untuk mengatur suplai bahan bakar dengan menggunakan teknologi kontrol secara elektronik yang mampu  mengatur pasokan bahan bakar dan udara secara optimum yang dibutuhkan oleh mesin pada setiap keadaan/kondisi mesin pada waktu tertentu. Sistem PGM FI mempunyai keunggulan tersendiri yaitu:
Jelas sangat irit bahan bakar lebih  dari 30%
1.      Tenaga lebih optimal
2.      Ramah lingkungan karena emisi gas buang yang  rendah
3.      Mesin mudah di hidupkan
4.      Perwatan jadi lebih mudah dan cepat
5.      Masih bersahabat dengan bahan bakar premium di Indonesia
6.      Akselerasi jadi lebih responsive
                                 download (2).jpg
Penggunaan sistem bahan bakar injeksi pada sepeda mesin komersil di Indonesia sudah mulai dikembangkan. Salah satu contohnya adalah pada salah satu tipe yang di produksi Astra Honda Mesin, yaitu pada Supra X 125. Istilah sistem EFI pada Honda adalah PGM-FI (Programmed Fuel Injection) atau sistem bahan bakar yang telah terprogram. Secara umum, penggantian sistem bahan bakar konvensional ke sistem EFI (Electronic Fuel Injection ) dimaksudkan agar dapat meningkatkan unjuk kerja dan tenaga mesin (power) yang lebih baik, akselarasi yang lebih stabil pada setiap putaran mesin, pemakaian bahan bakar yang ekonomis (iriit), dan menghasilkan kandungan racun (emisi) gas buang yang lebih sedikit sehingga bisa lebih ramah terhadap lingkungan. Selain itu, kelebihan dari mesin dengan bahan bakar tipe injeksi ini adalah lebih mudah dihidupkan pada saat lama tidak digunakan, serta tidak terpengaruh pada temperatur di lingkungannya
     PGM-FI atau Programmed Fuel Injection adalah sistem suplai bahan bakar dengan menggunakan teknologi kontrol secara elektronik sehingga mampu mengatur pasokan bahan bakar dan udara secara optimum yang dibutuhkan oleh mesin pada setiap keadaan.




2. CARA KERJA SISTEM BAHAN BAKAR
https://skullsmokers.files.wordpress.com/2010/12/throttle-body-ecu-module_1.jpg
Apabila pada sistem karburator, kendaraan membutuhkan penyetelan yang tepat agar bisa mendapatkan campuran bahan bakar dan udara atau AFR (Air–fuel ratio)yang optimal, sistem injeksi sudah terprogram secara komputer untuk mendapatkan rasio AFR yang optimal.
AFR                                                                                                                                           Supaya bisa mendapatkan AFR yang optimal, injektor mengandalkan program komputer untuk mengontrol AFR nya. Perangkat elektronik yang bertugas untuk mengontrol kerja injektor ini bernama ECM atau Electronic Control Module.
Electronic Control Module                                                                                                 Electronic Control Module memiliki settingan dan kontrol yang sudah terstandar dari pabriknya. ECM ini dapat secara otomatis mengontrol besaran bahan bakar dan udara yang pas pada kondisi – kondisi cuaca tertentu. Pada motor injeksi terdapat sensor udara, sensor inilah yang n  antinya membantu ECM dalam mengkalkulasi AFR yang tepat sesuai dengan kebutuhan mesin dan udara sekitar mesin. Kurang lebih seperti inilah gambaran mengenai sistem injeksi pada motor. Konsepnya sama seperti sistem karburator, karena injeksi merupakan penyempurnaan dari sistem karburator.
Sensor-Sensor yang membantu ECM adalah :
-Sensor Temperatur : untuk mendeteksi suhu mesin

- Sensor ECT : di dalamnya ada sensor temperatur, alat ini khusus untuk mesin -   berpendingin air, cara kerja dengan mendeteksi suhu coolant dalam mesin dan menjadikannya “informasi” pada ECM agar disesuaikan dengan komposisi bensin-udara dan percikan businya.

- Sensor EOT : sama seperti ECT hanya saja khusus motor berpendingin udara, jadi ia mendeteksi suhu
  .

- Sensor CKP : tugasnya memonitor sudut crankshaft dan mendeteksi putaran mesin. Dengan “informasi” dari CKP ini maka ECM dapat mengontrol waktu pengapian dan jumlah bensin-udara di mesin.

- Sensor O2 : tugasnya memberi tahu komposisi O2 di dalam gas buang, bisa dibilang dia ini “pengoreksi” kerja ECM. Bila kandungan gas buangnya masih berat, maka ECM akan mereset lagi dan membuat “resep” baru lagi agar komposisinya pas dengan mesin dan gas buang diharapkan menurun.

- Sensor TP : tugasnya mendeteksi sudut bukaan gas di throttle valve yang terhubung dengan throttle grip (grip gas di setang). Sudut yang terdeteksi di throttle valve dijadikan “informasi” tentang komposisi udara yang masuk. Maka ECM tinggal membuat “resep” yang telah disesuaikan dengan komposisi udara tersebut
.
SKEMA CARA KERJA PGM-FI
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgjqX7xsJkY21RtcJEesP20lL2EZzTGvq7MHbcEg9d-cUgdWUaguPoPlULea2wsieO0zUS-TPYh8ZXQ96JkdCkSUmM0y3oFusMgwtEkwcekedto_14b9eX_7HuzkbZOkMOlror-Jvri5Do/s320/skema+cara+kerja+pgm-fi.jpg
   3.   SISTEM BAHAN BAKAR EFI ( Electronic Fuel Injection )
Komponen-komponen yang digunakan untuk menyalurkan bahan bakar ke mesin terdiri dari tangki bahan bakar (fuel pump), pompa bahan bakar (fuel pump), saringan bahan bakar (fuel filter), pipa/slang penyalur (pembagi), pengatur tekanan bahan bakar (fuel pressure regulator), dan injektor/penyemprot bahan bakar.
Sistem bahan bakar ini berfungsi untuk menyimpan, membersihkan, menyalurkan dan menyemprotkan /menginjeksikan bahan bakar.
     Prinsip Kerja Sistem EFI Istilah sistem injeksi bahan bakar (EFI) dapat digambarkan sebagai suatu sistem yang menyalurkan bahan bakarnya dengan menggunakan pompa pada tekanan tertentu untuk mencampurnya dengan udara yang masuk ke ruang bakar. Pada sistem EFI dengan mesin berbahan bakar bensin, pada umumnya proses penginjeksian bahan bakar terjadi di bagian ujung intake manifold/manifold masuk sebelum inlet valve (katup/klep masuk). Pada saat inlet valve terbuka, yaitu pada langkah hisap, udara yang masuk ke ruang bakar sudah bercampur dengan bahan bakar. Secara ideal, sistem EFI harus dapat mensuplai sejumlah bahan bakar yang disemprotkan agar dapat bercampur dengan udara dalam perbandingan campuran yang tepat sesuai kondisi putaran dan beban mesin, kondisi suhu kerja mesin dan suhu atmosfir saat itu. Sistem harus dapat mensuplai jumlah bahan bakar yang bervariasi, agar perubahan kondisi operasi kerja mesin tersebut dapat dicapai dengan unjuk kerja mesin yang tetap optimal.
5.    KOMPONEN- KOMPONEN SISTEM BAHAN BAKAR

       https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhsyRGL40ayDfARfRyc96jHc-daYrd3oGi-S_7jO2el3lvsW-EadZSu1-ZTLzWHpWOLTWFZf_E7dktKcPPcclW0Z4HQLDRvtuYpbLr1S4LA2TppdcSZZ7oXQbkgP9YZ3rAIKtxQCWLaX2hS/s400/pgm+efi1.png
Contoh komponen sistem bahan bakar pada sistem EFI Honda Supra X 125
1. Injector 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggXdZt5aWOFt7RjfXJ1hx4yZcQ8M0W9kfdWOJcA8xNT8EgQ-dHkIMXPN8Z2QEpeqZ-j_afIx1-wiu4r214H9pamG_7RKqck5LgqrBSCNBran8ZIuGlvLyHzmTWLr0oYmkQ5QMuQRDxohE/s200/Injek.jpgInjector bekerja sesuai sinyal dari ECM untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam intake manifold.Mempunyai lubang injector dengan diameter terkecil di dunia dengan dilengkapi filter / saringan.
Sistem pengaturan dengan tingkat presisi paling tinggi di dunia, menghasilkan
pengaturan jumlah aliran bahan bakar yang sangat tepat.
Tidak perlu perawatan berkala sehingga hemat biaya, pembakaran lebih sempurna sehingga menghemat bahan bakar.

2. Pompa Bahan Bakar

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg8hoDSc3t3eAfc0Calp4zVQ4bGw17TcQCN9dfve7K8WqLhgLNoj2AawVxFQobfGFFySmKiXSgugnsImtheeuw0oszxolSvCNaPjUw8h9CMygJhJ-BmNWAPLDD6lL5m2KUhU9T2rj1jAg8/s200/pompa.jpg
Pompa bahan bakar berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki ke injector.
Mampu mengalirkan bahan bakar dengan tekanan yang konstan.
Suara pompa yang halus dan filter dapat diganti terpisah (MODULAR).
Mesin dengan injeksi bahan bakar memiliki 2 macam pompa dalam sistem penyaluran bahan bakarnya,
Pompa bahan bakar tekanan sedang/volume besar di tangki atau lebih dikenal dengan nama Fuel Pump. Pompa ini berfungsi untuk menyuplai kebutuhan dalam sistem injeksi bahan bakar. Umumnya pompa elektris yang terpasang dalam tangki bahan bakar.
Pompa tekanan tinggi/volume rendah atau lebih dikenal dengan nama Fuel Injection Pump (FIP). Pompa ini ada dalam sistem injeksi bahan bahan bakar berfungsi untuk memompa bahan bakar dalam tekanan tinggi untuk suplai ke injektor.

3. Engine Control Module (ECM)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhdGaE3YkEpTLf9U-d5E05BGJ23Mj6aB7n_uddJ03Txo5-wMDkYvVAbGU0AcETpxRsAkgQUCVcYyHk9ibf4eSLrHcdHmeVnlUCDo0ziprYg9cIW7eXydad3el9D2uM9KzF2qFtxSAEpUPo/s200/ECM.jpg
Sebagai pengontrol kinerja sistem dengan mengolah informasi yang dikirimkan oleh komponen sensor.
ECM berfungsi mengontrol waktu penyemprotan bahan bakar, mengatur jumlah bahan bakar yang disemprotkan dan mengatur waktu pengapian.
Menghasilkan akurasi yang sangat tinggi dalam mengatur penyemprotan bahan bakar dan waktu pengapian sesuai input dari sensor-sensor.
Lebih responsif karena pembakaran lebih sempurna, hemat bahan bakar karena suplai bahan bakar disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan mesin.

4. Temperatur Sensor

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiNTm2abUIgaDTo2WZOjnqd5l9VDv2qareLlZ85yPe6lOBha1wVEnqB98Il_nkJRyYZQCayQnVkrPPEhne9Mb6z-jMfHmMLl5WL7XBsYQec22X4DBegsT3bRPs6XZ67-poX7URhyphenhyphencrFmus/s200/temperatur+sensor.jpg
Terdiri dari Sensor EOT (Engine Oil Temperature) dan ECT (Engine Collant Temperature).
Sensor EOT dan ECT berfungsi untuk mendeteksi perubahan suhu mesin.
Mampu mendeteksi perubahan suhu dengan akurat, mesin mudah dihidupkan dalam segala kondisi suhu, konsumsi bahan bakar disesuaikan dengan perubahan suhu mesin sehingga lebih hemat bahan bakar.


5. Sensor Throttle Position (TP)

throtle-body-hsx-inj.jpg
Berfungsi untuk mendeteksi posisi/sudut bukaan gas.
Mampu mendeteksi perubahan bukaan gas dengan akurat, pencampuran bahan bakar dengan udara selalu optimum disesuaikan dengan perubahan posisi bukaan gas sehingga lebih hemat bahan bakar dan lebih responsif.



6. Ignition Pulse Generator (CKP) Sensor

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgk4EezdH80CxWsW0Qw1l04AxoWmxzBsiY2u7Q1COdvcgbm2HPClS0SFT_syJI_OtjbI_rXb5_vLD5cbO-axq1uuGgUXhrM3hLNa4-B2o_MyuKq7hfTlobNM68kkacLFIJxGwz46AtAQfE/s200/CKP.jpg
Sensor CKP berfungsi untuk mendeteksi putaran mesin dan sudut crankshaft.
Mampu mendeteksi dan memonitor posisi dan kecepatan putaran crankshaft dengan akurat.
Sensor CKP mengirimkan sinyal listrik ke ECM untuk mengontrol waktu pengapian dan parameter jumlah injeksi bahan bakar serta pengaturan waktu injeksi.


7. Oxygen (O2) Sensor

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggnSi2PPvEbAWEN5B1zEeaAYiD8I0JeclzKDTJIMpqwfzfs-OEWwpRlgtRnJXA7vaKrLe5gWKPM-Y6xwXc-bCugf-9yifdYt3tnCIKkRi4kxiyRdBBwI8-1UeeBrc8pJhObMljkECl7yk/s200/O2.jpg
Sensor O2 berfungsi untuk memperbaiki campuran udara dan bahan bahkar dengan cara mendeteksi konsentrasi oksigen yang dikandung di dalam gas buang.
Mampu mendeteksi konsentrasi oksigen pada gas buang dengan akurat.
5. Mengenal kode kerusakan pada motor injeksi MIL(malfunction indicator lamp)

      
Bagaimana cara mendeteksi bila sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada PGM-FI? Dalam spidometer, ditambahi MIL atau Malfunction Indicator Lamp. Bentuknya tidak rumit, Cuma satu lampu di pojok spido tapi bisa mendeteksi bagian mana yang rusak dalam PGM-FI. Caranya cukup dengan memutar kunci kontak, MIL akan menyala selama 2 detik (pengecekan seluruh PGM-FI) kemudian akan mati (kalibrasi). Kalau ada kerusakan baru ia akan mengedip dengan cepat, berapa banyak kedipan akan memberitahu kita dimana kerusakan yang terjadi. Apabila tidak terjadi kerusakan, lampu akan tetap mati setelah kalibrasi
kedipan
Kedipan ini memberikan arti bahwa sensor MAP (Manifold Absolute Presure) sedang mengalami kerusakan. MAP sendiri berfungsi sebagai pendeteksi jumlah udara yang masuk ke dalam mesin dengan cara mendeteksi perubahan tekanan pada intake manifold. Ketika sensor MAP ini bermasalah maka yang akan terjadi MIL akan memberikan sinyal kedipan satu kali namun berulang ulang. Meskipun sensor ini rusak, mesin akan tetap hidup kan tetapi sebaiknya segeralah memperbaiki kerusakan tersebut.
1)        7 kedipan
merupakan sinyal indikator kerusakan pada bagian sensor Engine Oil Temperatur (EOT) dan Engine Coolant Temperature (ECT). Sensor tersebut digunakan untuk mendeteksi perubahan suhu mesin dengan mengubahnya ke dalam perubahan pada nilai tambahan thermistor. Kemudian sinyal elektrik yang dihasilkan oleh sensor tersebut dikirimkan ke ECM untuk menyesuaikan jumlah injeksi bahan bakar dan waktu pengapian berdasarkan temperatur mesin. Sehingga jika terjadi kerusakan pada sensor EOT maupun ECT maka akibatnya mesin akan sulit dihidupkan pada kondisi mesin dingin.
2)        8 kedipan
Kedipan ini merupakan kode kerusakan yang paling berpengaruh pada performa mesin. Sebab kode ini memberikan arti bahwa ada kerusakan pada sensor Throttle Position (TP sensor). TP sensor berfungsi untuk mendeteksi sudut bukaan throttle valve. Sehingga jika sensor ini rusak maka akselerasi mesin motor Anda akan menurun.
3)        9 kedipan
Kedipan ini berhubungan dengan kerusakan pada sensor Intake Air Temperature (IAT). IAT di pasang agar dapat mengatur percampuran udara dan bahan bakar sesuai dengan temperatur udara pada intake. Jika sensor ini rusak memang tidak terasa berpengaruh pada mesin akan tetapi lebih baiknya jika Anda tetap harus memperbaiki kerusakan ini agar tidak menjalar pada komponen lain.
4)        12 kedipan
Kode sinyal kedipan berjumlah 12 kali ini juga salah satu kerusakan sistem injeksi yang termasuk fatal. Bisa dipastikan jika MIL mengirimkan kode kerusakan sebanyak 12 kedipan maka pasti motor Anda dalam keadaan mati atau mogok. Sebab kode sinyal ini berasal dari kerusakan injektor yang menempel pada bagian throttle body. Jika injektor ini rusak maka penyuplaian bahan bakar ke ruang bakar menjadi terhenti dan membuat mesin akan mati.

5)        21 kedipan
21 kedipan MIL adalah megisyaratkan bahwa sensor O2 yang terdapat pada motor Honda PGM-FI sedang mengalami kerusakan. Cara kerja sensor ini adalah untuk memperbaiki campuran udara dan bahan bakar dengan mendeteksi konsentrasi oksigen dari hasil pembakaran. Sensor yang terpasang pada bgian saluran pembuangan silinder head ini ketika terjadi kerusakan memang tidaklah berpengaruh pada performa mesin namun jumlah kedipan yang di dapatkan pada MIL memberikan saran agar Anda memperbaiki kerusakan tersebut.
6)         29 kedipan
Sensor Idle Air Control Valve (IACV) mempunyai fungsi sebagai pengatur jumlah aliran udara yang mengalir pada putaran stasioner. Jadi dengan adanya sensor IACV, Anda tek perlu lagi menyetel aliran udaranya karena sudah otomatis menyesuaikan dari putaran mesin stasioner. Kerusakan sensor inilah yang menyebabkan MIL berkedip sebanyak 29 kali kedipan. Sensor ini berhubungan langsung pada putaran stasioner mesin sehingga jika terjadi kerusakan maka yang akan terjadi adalah mesin motor akan sulit untuk dihidupkan.
7)         33 kedipan
Kedipan ini bukanlah berasal dari kerusakan sensor-sensor pada motor PGM-FI akan tetapi berasal dari kerusakan bagian otak motor Honda PGM-FI yakni dari Engine Control Module (ECM). ECM atau yang biasa disebut Enggine Contol Unit (ECU) berkerja dengan menerima sinyal yang dihasilkan oleh sensor-sensor yang tersdapat pada mesin kemudian ECU akan mengolah data tersebut menggunakan peta kinerja multi dimensi (look-up table) untuk menentukan pencampuran air, udara, bahan bakar yang digunakan untuk mesin Honda PGM-FI.
8)        54 kedipan
Kedipan yang terakhir ini memberikan pernyatan bahwa Bank Angle Sensor pada motor Anda mengalami kerusakan. Sensor ini berhubungan langsung pada keselamatan Anda ketika terjadi kecelakaan karena Bang Angle Sensor bertugas membeikan sensor posisi motor ketika terjadi kecelakaan. Sehingga ketika motor terjatuh, secara otomatis sensor ini memberikan peintah sinyal ke ECU untuk mematikan mesin. Jika Bang Angle Sensor rusak maka mengakibatkan mesin motor tidak bisa dihidupkan karena sensor ini akan mematikan beberapa fungsi komponen motor Anda sepeti injector, fuel pump dan ignition coil.

6.   KELEBIHAN DAN KEKURRANGAN SISTEM BAHAN BAKAR INJEKSI
Kelebihan Sistem Bahan Bakar Injeksi
1.        Pembakaran Menjadi Lebih Sempurna
Dengan perbandingan AFR yang lebih baik dan dikontrol oleh perangkat elektronik, maka motor yang menggunakan teknologi injeksi akan menghasilkan pembakaran yang jauh lebih baik daripada motor yang menggunakan sistem karburator. Hal ini disebabkan oleh AFR yang dihasilkan sudah sesuai dengan kebutuhan motor anda, dan dapat berubah ketika terjadi perubahana suhu udara sekitar karena terdapat sensor udara yang akan menganalisa suhu dan kondisi udara yang akan dicampur dengan bahan bakar.
2.        Konsumsi BBM Lebih Irit
Seperti sudah disebutkan sebelumnya, motor yang menggunakan teknologi injeksi memiliki            pembakaran yang lebih sempurna. Pembakaran yang lebih sempurna ini akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar dari kendaraan anda. Karena lebih sempurnanya pembakaran, maka proses pembakaran pun akan menjadi lebih optimal. Pembakaran optimal ini juga akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar kendaraan anda.
Selain itu, injector biasanya memiliki setelan pemrograman yang sesuai dengan standar pabrik. Pabrik biasanya akan menyetel ECM pada motor anda hingga akan dicapai konsumsi bahan bakar yang paling optimal bagi motor anda.
3.        Tidak Perlu Repot Melakukan Penyetelan
Apabila sistem pembakaran masih menggunakan sistem karburator, maka sering terjadi perubahan setelan AFR yang terjadi pada karburator motor anda. Biasanya berubahnya setelan ini diakibatkan oleh getaran – getaran yang dihasilkan oleh mesin, atau kualitas karburator yang semakin nenurun
4.        tidak perlu susah dalam melakukan servis
Apa saja hal yang anda lakukan ketika melakukan servis rutin pada motor anda? Salah satunya adalah membersihkan karburator. Pernahkah anda memperhatikan ribetnya montir dalam membongkar karburator? Nah, apabila motor anda menggunakan sistem injeksi, anda dapat melewati hal ini. Cukup menyemprotkan injector cleaner ke dalam lubang busi dan beres.
Kekurangan Motor Injeksi
1.        Masih Sedikit Bengkel Umum yang Menerima Servis Injeksi
Namun demikian, walaupun memiliki banyak kelebihan, motor dengan teknologi injeksi memiliki beberapa kekurangan. Antara lain masih sedikit bengkel umum yang berani melakukan servis terhadap perangka injector. Biasanya, selain menggunakan injector cleaner, injector juga sebaiknya di diagnose dengan alat khusus untuk mengetahui apakah injector berfungsi normal atau tidak. Tidak semua bengkel umum mempunyai alat seperti ini, membuat servis terhadap motor injeksi cukup berjalan maksimal apabila dilakkan di bengkel umum.

2.        Harga yang Mahal
Selain itu harga perangkat injector dan alat pendukung mesin injeksi masih tergolong mahal. Apabila perangkat ini mengalami kerusakan, maka biaya perbaikan atau penggantiannya pun lumayan menguras kantong. Tidak sema montir dan mekanik mengerti tentang cara memperbaiki atau menyelel ulang ECM. Dan apabila ada yang mengerti, pasti dia mematok biaya yang cukup tinggi.

3.        Sulit Untuk Modifikasi
Sebenarnya bagi anda yang gemar melakukan modifikasi, motor injeksi sepertinya cukup cocok. Karena ketika anda ingin memodifikasi performa dari tunggangan anda, ada banyak variabel yang harus anda rubah, salah satunya adalah proses pencampuran bahan bakar dan udara. Apabila pada motor dengan sistem karburator, cara untuk merubah pencampuran bahan bekar bakar dengan udara sangat mudah, hanya dengan mengganti ukuran pilot jet, main jer, atau dapat juga dengan mengganti karburator dengan venture lebih besar, maka pada mesin injeksi, hal ini agak sulit dilakukan. Hal ini membuat proses modifikasi anda cukup maksimal. Sebenarnya anda bisa menyetel ulang ECM, atau mengganti ECM dengan modul baru yang lebih cocok untuk mesin hasil modifikasi, namun sekali lagi, biaya yang dikeluarkan jauh lebih mahal.

4.        Sensitif Terhadap Perangkat Kelistrikan
Dan yang kelemahan dari motor dengan sistem injeksi adalah sangat sensitive terhadap perangkat kelistrikan. Perlu diingat, sistem injeksi memerlukan ECM untuk bekerja secara optimal, dan ECM dikendalikan oleh komputer yang membutuhkan kelistrikan yang stabil dan baik. Apabila kelistrikan motor anda bermasalah, seperti aki soak, atau terjadi korsleting, maka kemungkinan akan terjadi kerusakan terhadap piranti tersebut.






7. JENIS-JENIS TIPE INJEKSI BENSIN

Sistem  injeksi bensin dapat diklasifikasika nmenjadi Berdasarkan Lokasi Injektor
a. Injeksi Bensin Langsung
Pada saat sistem injeksi bensin diaplikasikan di kendaraan maka sistem injeksi langsung seperti motor diesel yang pertama kali dicobakan yaitu bensin langsung disemprotkan pada ruang bakar (injektor dipasang dikepala silinder).
Beberapa kesulitan teknis terjadi dalam sistem ini seperti; pengabutan bahan bakar kurang sempurna terutama saat motor belum panas yang mengakibatkan bensin akan merembes ke ruang oli, disamping itu pompa injeksi bensin yang mekanismenya menyerupai pompa injeksi diesel juga mengalami kesulitan dalam pelumasan karena nilai kekentalan bensin sangat rendah, sehingga perawatan pompa injeksi menjadi sangat mahal.
Akan tetapi belakangan ini sistem injeksi langsung terus dikembangkan dan diperbaiki kembali, kesulitan-kesulitan yang terjadi sebelumnya telah bisa diatasi, sehingga beberapa prototipe sistem injeksi langsung motor bensin sudah dikeluarkan oleh pabrik pembuatnya, Teknologi ini kemudian lebih dikenal dengan sistem GDI (gasolin direct injection). Menurut para ahli konstruktor mesin; sistem GDI dapat dibuat lebih effisien jika dibandingkan dengan sistem injeksi bensin tak langsung.
b. Injeksi Bensin Tak Langsung
Sekitar tahun 1972 sistem injeksi tak langsung seperti yang kita jumpai saat ini mulai diterapkan pada kendaraan, bahan bakar disemprotkan tidak langsung ke dalam ruang bakar melainkan pada saluran masuk sebelum katup masuk. Sistem ini sudah mengalami perkembangan yang jauh dan hampir semua kendaraan motor bensin yang mementingkan effisiensi bahan bakar dan kadar emisi/gas buang yang baik memakai sistem injeksi ini, meskipun pada awalnya sistem injeksi bahan bakar ini direncanakan untuk dipakai pada mesin

B.Proses pengerjaan /produksi
 1.Permasalahan yang sering muncul pada system bahan bakar injeksi dan cara mengatasinya
   Motor Bermesin Injeksi memiliki beberapa keunggulan diantaranya yaitu irit dengan bahan bakar dan ramah terhadap lingkungan sebab, sistem kerja mesin injeksi yang ada di dalam mesin motor tersbut di desain sedemikian rupa untuk mmberikan beberapa kelebihan tersebut untuk penggunanya.
   Untuk memperbaiki mesin motor injeksi ini tergolong sulit karena mesin motor injeksi menggunakan teknologi canggih sehingga montir biasa terkadang sulit untuk mengatasi masalah pada mesin tersebut. Motor injeksi yang bermasalah memang seharusnya di bawa ke bengkel resminya, karna bengkel resminya tersebut terdapat alat-alat yang memadai guna memperbaiki sistem yang terdapat pada mesin injeksi.
  Salah satu masalah kerusakan yang sering muncul pada motor bermesin injeksi ini adalah mesin motor yang tiba-tiba mati dan kondisi gas yang tidak stabil saat kita gunakan. Masalah tersebut memang banyak dialami oleh para pengguna motor injeksi khususnya untuk motor 125 cc. Hal ini diduga karena adanya penyumbatan pada bagian mesin terutama pada bagian filter injektor, injektor dan filter mesin. Penyumbatan tersebut terjadi akibat adanya penumpukan kotoran pada mesin sehingga menyebabkan aliran bensin ke ruang bahan bakar menjadi tidak lancar.
  Untuk memperbaiki masalah kerusakan tersebut adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian mesin tersebut. Bukalah mesin motor dan cek bagian tersebut, jika benar terdapat kotoran pada bagian-bagian tersebut maka kotoran tersebut harus dibuang. Pembuangan kotoran ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati karena tindakan yang salah justru akan merusak mesin motor. 
   Hal tersebut disebabkan mesin pada motor injeksi memiliki bagian-bagian yang memang sangat sensitif, sehingga bila tidak dilakukan dengan sangat hati-hati maka akan merusak mesin.
   Bersihkan bagian mesin yang bermasalah itu dengan menggunakan bensin dan injektor cleaner yaitu dengan cara disemprotkan atau dengan mengocok-ngocok mesin dengan cairan tersbut hingga kotoran yang mengganggu mesin dapat dikeluarkan. Jika kotoran sudah keluar dari mesin maka pasang kembali rangkaian mesin tersebut dan masalah mesin injeksi motor ini pun sudah teratasi.
   Teknologi motor injeksi merupakan teknologi motor baru sekarang ini. Ada banyak bagian yang berbeda antara motor injeksi dengan motor sebelumnya. Oleh sebab itu, banyak permasalahan dari motor injeksi yang sulit dipecahkan atau diselesaikan karena perbedaan teknologi tersebut. Apalagi jika motor injeksi mengalami kerusakan. Kita akan membutuhkan waktu untuk berpikir dan mencari solusi dari kerusakan tersebut. Lalu bagaimana cara memperbaiki motor injeksi yang rusak tersebut? Untuk memperbaiki motor injeksi yang rusak tentunya dibutuhkan beberapa analisa dari penyebab kerusakannya motor injeksi.
  Sistem kerja dari motor injeksi ini sebenarnya sudah berbeda dengan teknologi motor sebelumnya. Jika teknologi motor sebelumnya menggunakan karburator, pada teknologi motor injeksi ini keberadaan karburator sudah dihilangkan, dan diganti dengan sistem ecu atau lebih dikenal dengan sistem berbasis komputer. Dengan teknologi komputer inilah malahan yang akan menyebabkan sulitnya memperbaiki jika motor injeksi mengalami kerusakan.
  Pada teknologi motor yang menggunakan karburator ketika motor mengalami mogok, maka akan dengan mudah ditelusuri penyebab dari mogoknya motor tersebut. Biasanya penelusuran dimulai dari karburator kemudian dilanjutkan ke busi dan terakhir adalah ke cdi. Namun pada teknologi motor injeksi sekarang ini chika motor mengalami mogok, maka kita akan sulit mendeteksi karena bagian karburator juga sudah dihilangkan.
  Lalu dengan keadaan seperti itu apakah kita tidak bisa memperbaiki sepeda motor injeksi yang rusak tersebut? Tentunya banyak jalan menuju ke roma. Dan penyesalan juga untuk menganalisa penyebab dari mogoknya motor dengan sistem injeksi tersebut. Ada beberapa bagian dari motor injeksi yang perlu dilakukan pengecekan ketika motor tersebut mengalami kerusakan. Biasanya motor injeksi yang mogok penyebab utamanya adalah adanya penyumbatan diy bagian mesin apalagi di bagian filter injektor yang kerap sekali terdapat penyumbatan. Kemudian bagian lain yang sering sekali mengalami penyumbatan adalah di bagian filter mesin dan injector.
   Pengobatan tersebut tentunya bisa berakibat aliran bahan bakar ke dalam ruang bakar menjadi tidak lancar. Penyematan itu terjadi lantaran adanya penumpukan kotoran pada mesin. Lalu hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah tentunya dengan melakukan berbagai macam pengecekan di bagian mesin yang bermasalah tersebut. Cara yang paling mudah adalah dengan membuka bagian mesin motor injeksi tersebut lalu melakukan beberapa pengecekan di bagian yang berpotensi mengalami kerusakan pada penjelasan diatas. Jika memang ada penyumbatan pada bagian bagian yang sudah saya suka diatas makan kotoran penyumbatan tersebut haruslah dibuang. Namun pada saat membuang kotoran tersebut haruslah sangat hati hati, karena jika salah dalam melakukan pembersihan maka bukannya motor akan terus kembali namun malah akan menambah tingkat kerusakan motor injeksi tersebut.
   Perlu di ketahui bersama bahwa pada beberapa bagian mesin tertentu di motor injeksi memiliki sifat yang sangat sensitif sehingga kita harus dengan sangat hati hati dalam melakukan perbaikan tersebut. Kalau tidak maka bisa berpotensi besar akan menambah tingkat kerusakan motor injeksi tersebut. Untuk mengeluarkan beberapa kotoran yang menyumbat baik itu di bagian filter injector ataupun yang lainnya, bisa menggunakan bantuan kompresor dengan tingkat tekanan udara yang rendah.memang masih ada dan banyak sekali penyebab dari kerusakan motor injeksi. Namun kasus yang paling banyak adalah karena adanya penumpukan kotoran di bagian filter
 pesawat kecil.
2. Cara Merawat Sistem Bahan Bakar Injeksi/PGM-FI
New-Supra-X-125-FI-medium.jpg
Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda coba untuk merawat Motor berinjeksi:
1.Gunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi
bahan Bakar oktan 90% ke atas adalah yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi oleh sepeda mototr injeksi. Kinerja mesin akan berpengaruh jika menggunakan bahan bakar berkualitas rendah dan akan meninggalkan kerak pada sistem injeksi serta mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin.Selain itu, Bahan bakar berkualitas buruk yang ditambahkan dengan oktan booster dengan spesifikasi yang tidak sesuai akan menyebabkan lubang injektor
2. Pehatikan Kondisi Aki
Sepeda motor injeksi sangat bergantung pada kondisi aki sebagai penghidup mesin dalam sistem pembakarannya. Oleh karena itu, perhatikan kondisi aki secara rutin. Jika air akinya kurang, tambahkan dengan air aki yang banyak beredar dipasaran. Namun jika aki sudah tidak menghasilkan arus listrik yang maksimal, segera ganti aki motor injeksi anda sebelum aki benar-benar soak.
3. Ganti Oli Secara Teratur
Rajinlah mengganti oli transmisi secara rutin. Jangan sampai mesin anda kering karena kurangnya pelumas sehingga mengakibatkan terganggunya kinerja mesin. Usahakan untuk mengganti oli mesin setian 1.000 km sekali dan oli Gear setiap 5.000 km. Jangan lupa juga untuk mengganti oli shockbaker, khusunya pada motor jenis matic, setiap 10.000 km atau sampai sudah terdengar suara mendecit.

4. Periksa ECU
ECU atau Electronic Control Unit adalah otak dari pengoperasian sytem injeksi pada sepeda motor. Keseluruhan unit injektor, baik takaran bahan bakar yang disemprotkan maupun buka tutup klep injector juga di atur oleh ECU, sehingga bila peranti ini terganggu maka kinerja injector juga tidak akan berjalan sebagaimana mestinya dan bisa mengakibatkan motor menjadi mogok. Oleh karena itu disarankan untuk memeriksa ECU secara berkala kepada ahlinya seperti montir atau mekanis.
5. Perawatan Busi
Sepeda Motor Injeksi / IstBusi merupakan pemantik api yang dibutuhkan saat proses pembakaran meisn. Rawatlah busi secara verkala agar dapat maksimal untuk membakar mesin di ruang pembakaran. Jika busi rusak maka proses pembakaran tidak akan sempurna dan membuat mesin menjadi kurang bertenaga bahkan mengakibatkan sepeda motor menjadi tidak menyala. Gantilah busi pada setiap jarak tempuh 20.000 km agar performa mesin tetap berjalan maksimal.
6. Periksa Bahan Bakar Di Tangki
Jangan membiarkan tangki kosong pada saat sepeda motor dikendarai. Selalu cek tangki bensin dan jangan biarkan dalam keadaan kurang terisi. Jika kosong, Kotoran pada tangki bensin akan mudah terserap dan akan mudah menghambat kinerja mesin. Disarankan untuk mengisi bahan bakar ketika bensin tersisa 1/4 di tangki.
7.Lakukan Service Berkala
Jangan lupa untuk menservice sepeda motor injeksi anda secara berkala setiap 3.000 km sekali atau sesuai dengan buku petunjuk pemakaian. Usahakan untuk membawanya ke tempat service minimal 3 bulan sekali, namun jika sepeda motor sering digunakan, service rutin sebulan sekali sangat di anjurkan.
8. Check selang bahan bakar
   Injektor berfungsi menyemprotkan kabut bahan bakar dengan tekanan tinggi ke mesin yang takaran dan waktunya diatur oleh peranti Electronic Control Unit (ECU).
Selain berperan penting dalam menentukan proses pembakaran di ruang bakar mesin, peranti ini juga sangat menentukan boros tidaknya konsumsi bahan bakar sebuah motor. Namun, ketepatan sistem kerja itu juga tergantung komponen lain, termasuk selang dan pompa bahan bakar.
Bila selang kotor atau bocor, maka kerja injektor tidak akan maksimal. Oleh karena itu, selang wajib diperiksa setelah motor menempuh jarak 2.000 kilometer.





            C.Pembahasan/ulasan
kesan yang didapat selama kami menjalani prakerin antara lain:
1.    prakerin merupakan kegiatan yang menuntut siswa agar belajar disiplin dan tentunya di tuntut agar dapat bekerja dengan menerapkan segala pengetahuan yang di berikan di sekolah
2.    dalam  menjalani prakerin, tidak mudah seperti apa yang dibayangkan sebelumnya karena di tempat prakerin tidak semua materi yang diberikan disekolah itu masuk
3.    kegiatan prakerin dapat membentuk siswa agar dapat bekerja,walaupun kenyataannya masih di bangku sekolah
4.    banyak ilmu ilmu baru yang didapat selama kegiatan prakerin yang tentu saja dapat dijadikan bahan dan pengalamanuntuk modal bekerja di masa depan
5.    untuk saya pribadi tentu merasa puas dan bahagia karena dapat menjalankan kegiatan prakerin dengan baik hingga berakhirnya kegiatan ini.

















BAB 3
PENUTUP
       A.Kesimpulan

Setelah saya  melaksanakan Prakerin di Bintang motor palembang selama tiga bulan yaitu tanggal 20 januari - 2  april, saya dapat menarik kesimpulan :
1. Pelaksanaan Prakerin sangat bermanfaat untuk membantu pengetahuan, keterampilan dan kreativitas dalam dunia kerja
2. Selama Prakerin di laksanakan saya dapat mempelajari dan selalu berusaha meningkatkan dan mengembangkan keterampilan
       3. Tugas-tugas yang telah di berikan telah dapat saya selesaikan dengan baik dan dapat   memberikan pengetahuan yang berharga bagi saya
4. Setelah mempelajari dan mempraktikan tugas yang di berikan, dapat
menunjang kemampuan masing-masing program studi
.
Ditempat kami praktek kerja industri yaitu AHASS Modern Plaju,Palembang kami anggap sebagai motivasi dan bekal untuk kami jumpai dalam melaksanakan praaktek kerja industri, kami anggap sebagai semangat dalam pengalaman kerja





     













B.     Saran

1.             Saran untuk sekolah
-
·         Menambah jam praktek di bengkel
·         Pembekalan prakerin harus lebih matang lagi
·         Pihak sekolah memberikan tori sejelas jelasnya dalam pelajaran dan praktek agar siswa dapat menerapkannya didunia kerja dengan mudah
·         Pihak sekolah memberikan penambahan teori mengenai teknologi terbaru yang selama ini sudah berkembang
·         Untuk lebih meningkatkan mutu lulusan SMK Bukit Asam, kami mengharapkan agar lebih di tingkatkan lagi proses belajar mengajar serta meningkatkan mutu dan keterampilan dan menambah fasilitas yang ada
·         Pihak sekolah harus mempunyai hubungan luas dengan pihak industri sehingga mempermudah siswa – siswa dalam melaksanakan PKL.

2.             Saran untuk perusahaan

·         Selama kami melaksanakan prakerin di Bengkel AHASS Modern Plaju saya merasakan bahwa Bengkel AHASS Modern Plaju tersebut sangat baik dan ramah dalam membimbing saya.Oleh karena itu saya berharap agar keramahan dan kebaikan pegawai bukan hanya kepada saya pribadi, melainkan kepada siswa/i dari sekolah kami. Tidak lupa saya juga ingin mengucapkan terima kasih pegawai yang telahmembantu kami dalam melaksanakan Praktek kerja lapangan
·         Para pegawai harus menjunjung rasa solidaritas dan kebersamaan dengan baik
·         Perlu di tingkatkannya disiplin dalam bekerja








DAFTAR PUSTAKA
·  Harga motor,2014. Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangan, http://hargamotor.co.id/teknologi/motor-injeksi-pengertian-cara-kerja-kelebihan-dan-kekurangan.html
·  Honda,2013.Komponen Pgm fi dan Fungsinya,      http://hondakami.blogspot.co.id/2013/09/komponen-pgm-fi-dan-fungsinya.html
















LAMPIRAN













































































No comments:

Post a Comment